Thursday, March 1, 2007

Stuck Pixel

Cerita ini diambil dari forum Kamera-Digital.com, tapi sudah diedit biar tetap objektif :
Saya punya pengalaman dengan kamera "X". Saya baru sadar ada yang aneh dengan hasil foto setelah 11 bulan menggunakan kamera tsb (untung masih garansi tinggal 1 bulan). Pada hasil foto dengan speed diatas 1/60 detik terdapat 4 bh pixel yang error alias "Stuck Pixel" (lebih parah dari Hot Pixel) yang berbentuk titik yang terang/putih diposisi yang sama dan tidak pernah hilang. Dan pada saat saya menggunakan speed dibawah 1/4 detik mulai tampak bertambah beberapa "Hot Pixel", yang totalnya bisa puluhan pada speed dibawah 2 detik. Langsung saya bawa ke agen kamera "X" Indonesia di Mangga Dua, opname selama 2 minggu, dan selesai dalam kondisi yang sudah sehat alias sudah tidak ada pixel yang error. Teknisi nya cerita bahwa harga komponen yang diganti seharga 1,5 juta, karena masih garansi jadi GRATIS . Setelah itu saya selalu hati-hati dalam membeli kamera digital, apalagi kalo beli BEKAS.Mau tanya nih sama rekan-rekan yang lebih pengalaman dengan kamera digital:-Apakah semua kamera digital pasti ada hot pixel pada saat pemotretan dengan speed rendah (mis: dibawah 1/2 detik)?-Apakah hot pixel hanya terjadi pada kamera digital yang menggunakan CCD saja? atau juga bisa terjadi pada kamera digital yang menggunakan CMOS.-Bagaimana cara merawat kamera agar terhindar dari "Stuck Pixel"?-Harus beli digital kamera yang bagaimana spesifikasinya agar terhindar dari Hot/Stuck Pixel?Terima kasih...

No comments:

Model Kita