Sunday, February 25, 2007

Memilih Digital Camera

Kualitas dari digital camera terutama didefinisikan jadi empat kategori: resolusi, aperature lensa, kemampuan zoom, kwalitas lensa, dan software. CCD ( Charge- Couple Device ) juga bervariasi dari tiap digicam.

Resolution
Hampir seluruh digicam sudah menggunakan CCD sebagai sensornya. Resolusi adalah jumlah fixel dari image yang di shoot/capture. Fixel itu sendiri adalah jumlah dot-dot yang memebentuk suatu image/gambar.So...., semakin banyak fixel nya, image tersebut semakin detail/tajam. Di bawah ini dicantumkan gimana memilih resolusi dan hasil cetak yang bisa dihasilkan.
1.3 Megapixel = 1280x960: Great 4x6's, acceptable 5x7's.
2 Megapixel = 1600x1200: Pretty good 8x10's.
3 Megapixel = 2048x1536: Great 8x10's, good 11x14's.
4 Megapixel = 2272 x 1704: Great 11x14's, and acceptable 16x20's.
5 Megapixel = 2560x1920: Pretty good 16x20's.
6 - 10 Megapixels = Ini hanya dibatasi oleh kemampuan lensa, bukan fixel.

Aperature Lensa
Aperature dari lensa adalah kemampuan fokus maksimum dari lensa itu sendiri. Semakin besar aperaturnya, maka cahaya yang bisa ditangkap juga lebih banyak, so..dalam suasana agak gelap juga mampu menghasilkan gambar yang prima. Hal ini penting juga saat pemotretan indoor tanpa blitz atu karena jaraknya terlalu dekat.
Apearature Lensa ini diukur dengan f/angka, seperti f/2.0 atau f/3.5. Angka nya semakin kecil, bukaan lensa juga semakin besar. Disarankan untuk memilih f/2.0 dari lensa f/4.0. Keuntungannya adalah kita gak usah terlalu sering memakai blitz, hasil pemotretan tanpa blitz akan kelihatan lebih alami, selain itu memakai blitz memperlambat proses pemotretan, karena ada jeda sewaktu nge charge
Disarankan jangan membeli digicam yang aperaturnya diatas f/2.8. Saat ini kita sulit mencari kamera non-SLR dengan aperature f/1.8. Alternatifnya f/2.8 - f/3.5 sudah bagus. Perlu diperhatikan bahwa kamera dengan zoom kini sudah mencantumkan besarnya aperatur lensa, contohnya f/2.5 - f/4.0. Ini berarti kemampuan maksimum wide angle nya f/2.5, dan kemampuan maximum aperatur telephoto adalah f/4.0.

Zoom
Perlu diperhatikan pilihlah zoom optik yang besar dibanding zoom digital, berhati-hatilah dalam memilih zoom ini , jangan tergiur oleh iklan yang menitik beratkan pada zoom digital

Kualitas Lensa
Agak susah juga melihat kwalitas dari lensa, soalnya tidak tertera pada kamera, alternatifnya: baca review di majalah atau lainnya, juga belilah kamera dari produsen yang sudah punya reputasi bagus.

In-camera Software
Software yang ditanamkan pada digicam

Media Penyimpanan
Umumnya Digicam memakai CompacFlash atau Secure Digital, ada juga yang memakai memory stick

Tips ini diinterpretasikan dari judul aslinya 'How to choose a digital camera', silahkan baca versi inggerisnya untuk lebih detail.
Untuk tambahan, baca juga Tips Memilih Kamera Digital

No comments:

Model Kita